Kebiasaan ini sering dilakukan dan ternyata bisa merusak rambut 


Kebiasaan ini sering dilakukan dan ternyata bisa merusak rambut 

Tentang Rambut

Rambut sering dikatakan sebagai mahkota, baik itu panjang maupun pendek, lurus atau keriting pasti semua orang melakukan perawatan terhadap rambutnya masing-masing.

Perawatan yang dilakukan pun beragam mulai dari menyisir rambut. Ini termasuk perawatan paling mudah dan pasti dilakukan tiap hari. Alasan orang melakukan perawatan rambut adalah untuk menjaga penampilan rambut agar tetap indah dan terlihat sehat.

Tahukah kamu? rambut sangatlah rentan terhadap kerusakan dan tanpa disadari ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya sering kita lakukan namun ternyata dapat menimbulkan kerusakan.

Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Mengeringkan rambut dengan handuk

Handuk sering kita gunakan untuk mengeringkan rambut yang basah dengan menggosokannya
secara terus menerus sampai rambut terasa cukup kering. Ternyata kebiasaan ini dapat
menyebabkan kutikula rambut kusam dan menjadi keriting. Untuk mengatasi kerusakan ini, Anda bisa mengganti handuk dengan t-shirt yang terbuat dari microfiber.

2. Mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala

Yuk, ubah kebiasaan mengaplikasikan kondisioner pada kulit kepala, karena ini dapat
menyumbat folikel dan memperlambat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, sebaiknya
yang perlu kita lakukan adalah mengoleskan kondisioner di ujung rambut saja agar rambut tetap terhidrasi dan terhindar dari kerusakan.

3. Pengering rambut dengan suhu yang salah

Pengering rambut memang bisa mempercepat proses pengeringan rambut. Namun, ada
hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mengeringkan rambut dengan suhu yang terlalu
panas karena suhu tinggi dapat menimbulkan kerusakan seperti rambut kering, keriting, dan bercabang. Spesialis rambut menyarankan agar menggunakan alat panas seperti pengering rambut ini dua kali seminggu saja jangan tiap hari agar rambut tidak rusak dan kembali sehat.

4. Tidak melindungi kepala di bawah sinar matahari

Paparan sinar UV A dan UV B tidak hanya membahayakan kulit saja namun juga rambut. Sinar UV menyerang protein rambut yang membuat rambut terpapar radikal bebas penyebab kerusakan. Akibatnya rambut akan lemah dan mudah rontok. Selain itu, sinar ini dapat merusak kutikula rambut yang menyebabkan perubahan warna rambut, kekeringan, keriting, ujung rambut bercabang, dan penipisan rambut. Apabila hal tersebut terjadi, masalah rambut seperti rusak, kering, dan susah diatur dapat terjadi. Rambut yang diwarnai, diluruskan, dan dikeriting  lebih rentan mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari.

Oleh karena itu, perlu mengubah kebiasaan tidak melindungi kepala di bawah sinar matahari dengan memakai topi agar kulit kepala terlindungi dari paparan sinar.

5. Mengonsumsi makanan tidak sehat

Kebiasaan satu ini sering sekali dilakukan orang-orang. Perlu diketahui makanan yang sehat dan kaya nutrisi menyebabkan rambut sehat juga. Sebaliknya, apabila makanan yang dikonsumsi buruk atau tidak sehat tentu kesehatan rambut akan terpengaruh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi kepada rambut untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya. Mengonsumsi makanan penuh nutrisi seperti vitamin E, protein, zat besi, zinc, tembaga, dan mineral dapat menjaga kesehatan rambut. Apabila kekurangan nutrisi mungkin yang terjadi rambut menjadi rontok dan mengalami penipisan. Apalagi jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Tentu rambut akan menjadi kusam, tipis, rapuh, dan mudah rontok.

6. Lupa sarapan

Sarapan sering sekali ditinggalkan, alasannya karena sudah telat sekolah ataupun bekerja padahal sarapan sangatlah penting. Kebiasaan ini ternyata bisa membuat rambut rusak lho. Dengan sarapan, rambut akan mendapat suplai protein yang tinggi dimana ini berperan dalam mendorong pertumbuhan rambut yang kuat dan mengisi nutrisi untuk memulai hari dengan serangkaian aktivitas yang dilakukan sampai sore hari.

Itulah kebiasaan yang sebenarnya sering kita lakukan namun tak disadari ternyata dapat menimbulkan kerusakan rambut.